Apa yang anda ketahui tentang Algoritma ? Apa saja ciri-ciri Algoritma yang baik?
Senin, 12 Februari 2024
Selasa, 06 Februari 2024
RPS Algoritma dan Pemrograman UIN Gusdur
Salah satu kewajiban seorang Dosen pada perguruan Tinggi ialah Mengajar. Mengajar merupakan satu dari tiga kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi. Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman merupakan salah satu Mata Kuliah yang ada pada Prodi Tadris Matematika UIN Gusdur Pekalongan. Mata Kuliah ini membahas mengenai bahasa Algoritma dan pemrograman. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembelajaran ini ialah C++. dimana C++ merupakan Bahasa pemrograman yang menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Sejak di rilis pertama kali tahun 1985 oleh Bjarne Stroustrup, C++ berkembang menjadi multi purpose programming language yang bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi, terutama aplikasi desktop.
Bahasa C++ sendiri adalah pengembangan dari bahasa C yang sudah lebih dulu populer. Salah satu perbedaan mendasar antara C dan C++ ada di dukungan ke pemrograman berorientasi object (object oriented programming). Bahasa C++ sudah mendukung pemrograman berbasis object yang diperlukan untuk membuat aplikasi kompleks. Bahasa C++ juga menjadi inspirasi dari banyak bahasa pemrograman modern, terutama C#, Java, PHP dan JavaScript. Jika anda sudah mempelajari bahasa C++, akan sangat mudah beralih ke bahasa pemrograman tersebut.
Adapun Capaian Pembelajaran (CP) Mata Kuliah Algoritma dan pemrograman sesuai uraian SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) Prodi Jenjang Sarjana pada PTK dan FAI pada PT yang disusun oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Pendis Kemenag ialah sebagai berikut :
CP Prodi :
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S.18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang Matematika pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);
P.15. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran matematika;
P.19. Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dana/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran matematika;
KU.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU.10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
KK.3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bidang matematika;
CP-MK:
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan merancang algoritma serta membuat program (khususnya menggunakan tipe data dasar) dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman