Rabu, 28 Agustus 2024

Definisi Teknologi Pendidikan

 


Teknologi Pendidikan.

Sudahkah kalian tahu apa itu Teknologi Pendidikan? Apa Definisinya?

44 komentar:

  1. Association for Education Communication and Technology (AECT) adalah sebuah lembaga yang organisasi utama bagi mereka yang terlibat aktif dalam perancabgan industri dan pendekatan sistematis terhadap pembelajaran.

    BalasHapus
  2. Nama : Nasywa Raina Dianti
    Nim: 20623023
    Kelas: Teknologi Pendidikan B

    Menurut wikipedia, Association for Educational Communications and Technology (AECT), adalah sebuah asosiasi akademis dan profesional yang mempromosikan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan. Para anggotanya memberikan kepemimpinan di bidang ini dengan mempromosikan beasiswa dan praktik terbaik dalam teknologi instruksional dan teknologi pendidikan.[1] Kantor pusat AECT berada di Bloomington, Indiana, setelah pindah dari Washington, DC pada tahun 1999.

    BalasHapus
  3. Nama: Lisa Aisha Shaqila
    NIM: 20623011
    Kelas: Teknologi Pendididkan - B

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.
    Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  4. Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  5. Nama: Erly Elvaretta Manda
    NIM: 20623064
    Teknologi Pendidikan B

    Menurut AECT, teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.
    Tujuan utama teknologi pendidikan adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran, dan untuk meningkatkan kinerja. Teknologi pendidikan mengadopsi dan mengadaptasi temuan mutakhir dalam proses belajar, dan etika dan estetika mengarahkan teknolog pendidikan dan pembelajaran dapat berperilaku profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut dalam setiap kesempatan berkarya.

    BalasHapus
  6. Nadhifa Zulfa Shafira Aziz
    NIM 20623059
    Teknologi Pendidikan B

    Teknologi Pendidikan adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang penggunaan teknologi yang bertujuan untuk kegiatan pendidikan.

    BalasHapus
  7. Najwa Shofwatul Maula 20623020
    Teknologi Pendidikan B

    Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  8. Nama : Siti Nurjanah
    Nim : 20623085
    Kelas : teknologi pendidikan



    Association education Communications and technology ( AECT) adalah sebuah lembaga yangg organisasi utama bagi mereka yang telibat aktif dalam perancangan intruksi dan pendekatan sistematis terhadap pembelajaran

    BalasHapus
  9. Khofifatun Amila-20623056
    Media pembelajaran berbasis teknologi lagi yang mengikuti seiringnya perkembangan zaman

    BalasHapus
  10. Nama : Sofiatul Afidah
    NIM : 20623053
    Kelas : Teknologi pendidikan B

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang sesuai". Ini dilambangkan teknologi instruksional sebagai "teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, manajemen, dan evaluasi proses dan sumber daya untuk belajar".

    BalasHapus
  11. Hikmatul Ismila Nasthasya (20623018)
    Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  12. Nama : Gita Fadilah
    NIM : 20623069
    Kelas : Teknologi Pendidikan B

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan, dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama : Naeli Ridlatul Hikmah
    Nim : 20623013
    Kelas : Teknologi Pendidikan B

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang sesuai". Ini dilambangkan teknologi instruksional sebagai "teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, manajemen, dan evaluasi proses dan sumber daya untuk belajar".

    BalasHapus
  15. Nama : Eriza Risqiana Faradilla
    NIM : 20623047
    Kelas. : Teknologi Pendidikan B

    Teknologi Pendidikan adalah bidang studi dan praktik yang mengintegrasikan teori pendidikan dengan teknologi untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Definisinya mencakup penggunaan berbagai alat teknologi, seperti komputer, perangkat lunak, internet, dan media digital, untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

    Teknologi Pendidikan berfokus pada cara teknologi dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan interaktif. Ini mencakup berbagai aspek, mulai dari penggunaan alat sederhana seperti presentasi digital, hingga sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang kompleks dan kursus online yang terstruktur

    BalasHapus
  16. Nama : Khoirotul Fadzillah
    NIM : 20623068
    KELAS : Teknologi Pendidikan B

    Teknologi pendidikan adalah penerapan
    pengetahuan ilmiah dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat
    tercapai secara efektif dan efisien, yang tidak hanya sebatas alat dan barang
    atau perangkat keras (hadware) tetapi juga software, dan brainware.
    Menurut AECT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.

    BalasHapus
  17. NAMA: HARGIANING TYAS
    NIM: 20623073
    MATKUL: TEKNOLOGI PENDIDIKAN C

    Teknologi Pendidikan (biasa disingkat edutech, atau edtech) adalah gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran. Jika disebut dengan singkatannya, edtech, seringkali mengacu pada industri perusahaan yang menciptakan teknologi pendidikan.

    Selain pengalaman pendidikan praktis, teknologi pendidikan didasarkan pada pengetahuan teoritis dari berbagai disiplin ilmu seperti komunikasi, pendidikan, psikologi, sosiologi, kecerdasan buatan, dan ilmu komputer. Ini mencakup beberapa domain termasuk teori pembelajaran, pelatihan berbasis komputer, pembelajaran online, dan m-learning, di mana teknologi seluler digunakan.
    Association for Educational Communications and Technology (AECT) mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang sesuai". Ini dilambangkan teknologi instruksional sebagai "teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, manajemen, dan evaluasi proses dan sumber daya untuk belajar".

    Di Indonesia pemanfaatan bidang Teknologi Pendidikan dimulai pada tahun 1960. Pada tahun 1960 an fokus Teknologi Pendidikan pemanfaatan program audio visual, poster, fotografi, slide, film, dan program audio untuk pembelajaran.

    Dengan demikian, teknologi pendidikan mengacu pada semua ilmu pendidikan terapan yang valid dan andal, seperti peralatan, serta proses dan prosedur yang berasal dari penelitian ilmiah, dan dalam konteks yang diberikan dapat merujuk pada proses teoretis, algoritmik, atau heuristik: tidak selalu menyiratkan teknologi fisik. Teknologi pendidikan adalah proses mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan dengan cara yang positif yang mempromosikan lingkungan belajar yang lebih beragam dan cara bagi siswa untuk belajar bagaimana menggunakan teknologi serta tugas-tugas umum mereka.

    BalasHapus
  18. Nama: Imelda Avritasari
    NIM: 20623084
    Teknologi Pendidikan B

    Association for Educational Communication and Technology (AECT), yang merupakan asosiasi profesional yang terdiri dari pendidik, perancang instruksional, dan lainnya, mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai studi dan praktik penggunaan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja, yang mencakup pembuatan, penggunaan, dan pengelolaan proses dan sumber daya yang sesuai dengan situasi. Definisi ini telah dilakukan dengan cara yang berbeda-beda selama bertahun-tahun:
    1977 AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai proses kompleks yang melibatkan orang, prosedur, ide, sumber daya, dan organisasi, yang bertujuan untuk menganalisis masalah dan merancang, menerapkan, mengevaluasi, dan mengelola solusi untuk semua aspek pembelajaran manusia.
    1994 AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai teori dan praktik merancang, mengembangkan, menggunakan, mengelola, dan mengevaluasi proses dan sumber daya untuk pembelajaran.
    1997 AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai bidang yang berfokus pada aktivitas pembelajaran manusia yang dilakukan secara sistematis dan meliputi identifikasi, pengembangan, pengorganisasian, dan penggunaan semua jenis sumber belajar.
    2008 AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai studi dan praktik penggunaan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja, mencakup pembuatan, penggunaan, dan pengelolaan proses dan sumber daya yang sesuai dengan situasi.

    BalasHapus
  19. Nama: Fia Lutfia Imania
    Nim: 20623083
    Kelas: Tekpend B

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.
    Menurut AECT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.

    BalasHapus
  20. Nama : Nashirotul Millah
    NIM : 20623043
    Kelas : Teknologi Pendidikan B

    Association for Educational Communications and Technology (Asosiasi Komunikasi dan Teknologi Pendidikan) adalah asosiasi profesional yang terdiri dari para perancang instruksional, pendidik, dan profesional yang memberikan kepemimpinan dan saran kepada para pembuat kebijakan untuk mempertahankan upaya berkelanjutan dalam memperkaya pengajaran dan pembelajaran.

    Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    Teknologi Pendidikan adalah media yang lahir dari perkembangan alat informasi yang digunakan untuk tujuan pendidikan. Teknologi Pendidikan adalah pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem- sistem, teknik, dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.

    BalasHapus
  21. Nama : Sintia Nabila Esa Kartini
    NIM : 20623027
    TEKNOLOGI PENDIDIKAN (B)
    Teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu.
    Teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang,
    prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
    Ini adalah definisi yang paling “ribet” menurut saya. Tapi, sudah jelas menurut
    pengertian ini bahwa obyek formal teknologi pendidilkan adalah memecahkan masalah belajar manusia. Dilakukan dengan cara menganalisis masalah terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah tersebut.

    BalasHapus
  22. Nama : Amelia Maura Azahra
    NIM : 20623022
    Matkul : Teknologi Pendidikan B

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan. Menurut AECT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.

    BalasHapus
  23. Nama: Dian Novita
    Nim: 20623026
    Makul: Teknologi Pendidikan B

    Teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu. Berdasarkan pengertian ini, jelas dikatakan bahwa teknologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang memfokuskan diri dalam upaya memfasilitasi belajar pada manusia. Jadi obyek formal teknologi pendidikan menurut
    pengertian ini adalah bagaimana memfasilitas belajar melalui
    identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis
    seluruh sumber belajar. Disamping itu, melalui pengelolaan yang baik dan tepat terhadap proses daripada pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara
    sistematis seluruh sumber belajar tersebut.

    BalasHapus
  24. Nama: Zulfa Erisabilla
    NIM: 20623075
    Mata Kuliah: Teknologi Pendidikan B

    Teknologi Pendidikan adalah mata kuliah yang membahas tentang penerapan teknologi dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Fokus utamanya adalah pada penggunaan alat, media, dan sumber daya teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Teknologi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa, mempermudah proses pengajaran, dan mendukung pencapaian hasil pembelajaran yang lebih baik melalui integrasi teknologi yang tepat.

    AECT, atau Association for Educational Communications and Technology, adalah organisasi profesional yang fokus pada pengembangan dan penerapan teknologi pendidikan. Keberadaan AECT membantu para pendidik dan praktisi dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi yang efektif.

    BalasHapus
  25. Nama: Dhea Lufia Nanda
    Nim : 20623082
    Teknologi Pendidikan B

    Qssociation education Communications and technology ( AECT) adalah sebuah lembaga yangg organisasi utama bagi mereka yang telibat aktif dalam perancangan intruksi dan pendekatan sistematis terhadap pembelajaran

    BalasHapus
  26. Nama : Yesa Shin Zistian
    Nim : 20623036

    Teknologi Pendidikan adalah gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran Jika disebut dengan singkatannya, edtech.
    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.

    BalasHapus
  27. Nama : Nala Qurota Aeni
    NIM : 20623063
    Teknologi Pendidikan (B)

    (AECT) Association for Educational Communications and Technology merupakan asosiasi profesional yang terdiri dari pendidik, perancang instruksional, dan lainnya. AECT adalah organisasi tertua di bidang teknologi pendidikan yang telah membantu menentukan arah keilmuan di bidang ini.

    Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terpadu untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia. Ini melibatkan pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem, teknik, dan alat bantu untuk meningkatkan proses belajar.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Nama : Putri Febiana
    NIM : 20623095
    Kelas : Teknologi Pendidikan B

    Menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT) teknologi pendidikan sebagai "studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang sesuai". Ini dilambangkan teknologi instruksional sebagai "teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, manajemen, dan evaluasi proses dan sumber daya untuk belajar".
    Teknologi Pendidikan (biasa disingkat edutech, atau edtech) adalah gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran.

    BalasHapus
  30. Nama : Radhita Sania Putri
    NIM : 20623096
    Kelas : Teknologi Pendidikan B

    Teknologi Pendidikan (biasa disingkat edutech, atau edtech) adalah gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran. Selain pengalaman pendidikan praktis, teknologi pendidikan didasarkan pada pengetahuan teoritis dari berbagai disiplin ilmu seperti komunikasi, pendidikan, psikologi, sosiologi, kecerdasan buatan, dan ilmu komputer.

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang sesuai".

    BalasHapus
  31. Nama : khifni Lutfia
    NIM :20623017
    Kelas : teknologi pendidikan -C

    Definisi teknologi pendidikan menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT) telah berubah dari tahun ke tahun:
    1977
    Teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi, yang meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
    1994
    Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek tentang desain, pengembangan, penggunaan, manajemen, dan evaluasi terhadap proses dan sumber daya untuk belajar.
    2008
    Teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber.

    BalasHapus
  32. Nama : Mohamad Shokhib Anwar
    NIM : 20623072
    kelas : Teknologi pendidikan c

    Menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT) 2004, teknologi pendidikan adalah sebuah disiplin studi yang bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja. Teknologi pendidikan adalah konsepsi yang lebih luas daripada teknologi pembelajaran, yang merupakan media yang digunakan dalam pembelajaran.

    BalasHapus
  33. Riska Puspita Sari (20623040)
    Teknologi pendidikan C

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "studi dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang sesuai". Ini dilambangkan teknologi instruksional sebagai "teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, manajemen, dan evaluasi proses dan sumber daya untuk belajar".

    BalasHapus
  34. Nama : Dely Lutfia Ananda
    NIM : 20623079
    Teknologi Pendidikan C

    Definisi tahun 1972 yaitu “Teknologi pendidikan sebagai bidang garapan yang terlibat dalam penyiapan fasilitas belajar (manusia) melalui penelusuran, pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan sistematis seluruh sumber-sumber belajar; dan melalui pengelolaan seluruh proses ini”.

    Menurut AECT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.

    BalasHapus
  35. Nama : Dinda Hafna Sari
    NIM : 20623103
    Matkul : Teknologi Pendidikan C

    Menurut AECT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Pengertian teknologi pendidikan mengalami sedikit perubahan setelah beberapa tahun, salah satunya tahun 2008 Menurut AECT Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  36. Nama: Akbar Nathan Pradipa
    Nim:20623061
    Kelas: Teknologi Pendidikan(C)
    Association for Educational Communications and Technology (AECT) telah mengembangkan definisi teknologi pendidikan yang telah berubah seiring waktu untuk mencerminkan perkembangan dalam bidang ini. Berikut adalah penjelasan dari definisi AECT tentang teknologi pendidikan dari tahun ke tahun:

    1972: Teknologi pendidikan didefinisikan sebagai "suatu proses yang menggunakan berbagai macam media dan alat untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar."

    1981: Definisi diperbarui menjadi "proses sistematik untuk mendukung pembelajaran dan peningkatan kinerja dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik dari berbagai disiplin ilmu."

    1994: AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "seluruh aktivitas yang berkaitan dengan desain, pengembangan, penggunaan, manajemen, dan evaluasi sumber daya dan sistem yang mendukung pembelajaran dan peningkatan kinerja manusia."

    2004: Definisinya berkembang menjadi "teknologi pendidikan adalah bidang ilmu yang memfokuskan pada pengembangan, penggunaan, dan manajemen sistem dan sumber daya yang dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar dan peningkatan kinerja."

    2012: Definisi ini menekankan aspek sistemik dan berbasis desain, yaitu "teknologi pendidikan adalah bidang interdisipliner yang berfokus pada penggunaan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu untuk merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi teknologi, media, dan sistem yang mendukung pembelajaran."

    BalasHapus
  37. Nama : Subkhan Syaroni
    Kelas : Teknologi Pendidikan C
    NIM : 20623046

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) telah mengembangkan definisi teknologi pendidikan yang telah berubah seiring waktu untuk mencerminkan perkembangan dalam bidang ini. Berikut adalah penjelasan dari definisi AECT tentang teknologi pendidikan dari tahun ke tahun:

    1972: Teknologi pendidikan didefinisikan sebagai "suatu proses yang menggunakan berbagai macam media dan alat untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar."

    1981: Definisi diperbarui menjadi "proses sistematik untuk mendukung pembelajaran dan peningkatan kinerja dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik dari berbagai disiplin ilmu."

    1994: AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "seluruh aktivitas yang berkaitan dengan desain, pengembangan, penggunaan, manajemen, dan evaluasi sumber daya dan sistem yang mendukung pembelajaran dan peningkatan kinerja manusia."

    2004: Definisinya berkembang menjadi "teknologi pendidikan adalah bidang ilmu yang memfokuskan pada pengembangan, penggunaan, dan manajemen sistem dan sumber daya yang dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar dan peningkatan kinerja."

    2012: Definisi ini menekankan aspek sistemik dan berbasis desain, yaitu "teknologi pendidikan adalah bidang interdisipliner yang berfokus pada penggunaan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu untuk merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi teknologi, media, dan sistem yang mendukung pembelajaran."

    BalasHapus
  38. Nama : Nurul Izzati
    NIM : 20623035
    Kelas : Teknologi Pendidikan C

    Teknologi pendidikan menurut Association of Educational and Communication Technology (AECT) telah berubah dari tahun ke tahun:
    1977
    Teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang menggabungkan orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
    1994
    Teknologi pendidikan adalah teori dan praktik tentang desain, pengembangan, penggunaan, manajemen, dan evaluasi terhadap proses dan sumber daya untuk belajar.
    2008
    Teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  39. Roudlotus Syarifah_20623101_Kelas Tekpen C
    Menurut AECT (2004) Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber- sumber teknologi yang tepat.

    BalasHapus
  40. Nama: Siti Nur Aziza
    NIM: 20623041
    Matkul: Teknologi Pendidikan C


    Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terpadu untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia. Ini melibatkan pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem, teknik, dan alat bantu untuk meningkatkan proses belajar.

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.
    Association for Educational Communications and Technology (AECT) telah mengembangkan definisi teknologi pendidikan yang telah berubah seiring waktu untuk mencerminkan perkembangan dalam bidang ini. Berikut adalah penjelasan dari definisi AECT tentang teknologi pendidikan dari tahun ke tahun:

    1972: Teknologi pendidikan didefinisikan sebagai "suatu proses yang menggunakan berbagai macam media dan alat untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar."

    1981: Definisi diperbarui menjadi "proses sistematik untuk mendukung pembelajaran dan peningkatan kinerja dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik dari berbagai disiplin ilmu."

    1994: AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai "seluruh aktivitas yang berkaitan dengan desain, pengembangan, penggunaan, manajemen, dan evaluasi sumber daya dan sistem yang mendukung pembelajaran dan peningkatan kinerja manusia."

    2004: Definisinya berkembang menjadi "teknologi pendidikan adalah bidang ilmu yang memfokuskan pada pengembangan, penggunaan, dan manajemen sistem dan sumber daya yang dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar dan peningkatan kinerja."

    2012: Definisi ini menekankan aspek sistemik dan berbasis desain, yaitu "teknologi pendidikan adalah bidang interdisipliner yang berfokus pada penggunaan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu untuk merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi teknologi, media, dan sistem yang mendukung pembelajaran."

    BalasHapus
  41. Nama : Aida Fissa Bellina
    Nim : 20623033
    Kelas : Teknologi Pendidikan-C

    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.
    1994 AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai teori dan praktik merancang, mengembangkan, menggunakan, mengelola, dan mengevaluasi proses dan sumber daya untuk pembelajaran.
    1997 AECT mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai bidang yang berfokus pada aktivitas pembelajaran manusia yang dilakukan secara sistematis dan meliputi identifikasi, pengembangan, pengorganisasian, dan penggunaan semua jenis sumber belajar.
    Pada tahun 2004 berkembang menjadi "teknologi pendidikan adalah bidang ilmu yang memfokuskan pada pengembangan, penggunaan, dan manajemen sistem dan sumber daya yang dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar dan peningkatan kinerja."
    Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  42. Nama : Muhammad Syahrul Adhim
    Nim : 20623094
    Kelas : Teknologi Pendidikan C

    Teknologi Pendidikan (biasa disingkat edutech, atau edtech) adalah gabungan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran. Selain pengalaman pendidikan praktis, teknologi pendidikan didasarkan pada pengetahuan teoritis dari berbagai disiplin ilmu seperti komunikasi, pendidikan, psikologi, sosiologi, kecerdasan buatan, dan ilmu komputer.

    (AECT) Association for Educational Communications and Technology merupakan asosiasi profesional yang terdiri dari pendidik, perancang instruksional, dan lainnya. AECT adalah organisasi tertua di bidang teknologi pendidikan yang telah membantu menentukan arah keilmuan di bidang ini.

    Menurut AECT (2008) Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses teknologi yang sesuai dan sumber daya.

    BalasHapus
  43. Nama : Azka Faiza
    NIM :20623107
    Kelas : Teknologi Pendidikan B

    Teknologi Pendidikan adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang penerapan teknologi untuk memfasilitasi proses pengajaran dan pembelajaran, termasuk desain, pengembangan, dan evaluasi media dan alat yang mendukung pendidikan. Teknologi Pendidikan memanfaatkan alat, sistem, dan metodologi teknologi untuk mendukung dan meningkatkan proses pendidikan dan pembelajaran.

    BalasHapus
  44. Nama: Lia Kristiana Fauziah
    NIM : 20623087
    Kelas : Teknologi Pendidikan
    Association for Educational Communications and Technology (AECT) adalah organisasi tertua teknologi pendidikan yang telah berhasil merintis, menemukan dan menentukan arah keilmuan teknologi pendidikan.

    BalasHapus